Mengenal Permainan Sepak Takraw

Mengenal Permainan Sepak Takraw

Permainan Sepak Takraw

Permainan sepak takraw adalah suatu permainan sekaligus olahraga yang hingga saat ini masih banyak dimainkan oleh banyak orang. Dilihat dari nama permainannnya, apakah kamu familiar dengan bahasa yang dipakai dalam nama permainan ini? Ya, permainan sepak takraw diambil dari bahasa Melayu. Maka dari itu mungkin kamu sedikit familiar dengan permainan ini.

Meskipun permainan ini masuk ke dalam jenis permainan Melayu, namun pertandingan yang diadakan dalam rangka bermain permainan sepak takraw ini juga dimainkan dalam ajang internasional, lho. Jadi, tidak hanya dalam lingkup nasional saja, ya. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai permainan sepak takraw ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Permainan Sepak Takraw

Seperti permainan pada umumnya, permainan sepak takraw juga memiliki sejarahnya sendiri. Konon katanya, sepak takraw ini merupakan perpaduan dari Thailand dan juga Melayu. Terbukti dari arti namanya yaitu takraw dengan arti anyaman berbentuk bola. Sedangkan sepak sendiri memiliki arti yaitu menyepak atau menendang.

Di Indonesia sendiri, sepak takraw berdiri di bawah naungan PERSERASI. Karena semenjak tahun 1970, permainan sepak takraw ini mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hingga pada akhirnya seiring dengan perkembangan zaman, permainansepak takraw ini perlahan berkembang juga. Mulai dari diadakannya pertandingan hingga didirikannya sebuah organisasi yang memmpu menaungi sepak takraw ini.

Alat dan Tata Cara Bermain Permainan Sepak Takraw

Alat yang digunakan dalam permainan ini, sesuai dengan namanya. Yaitu takraw atau yang berarti sebuah bola anyaman. Bola ini dianyam terlebih dahulu hingga berbentuk sedemikian rupa. Selain itu, lapangan juga menjadi hal yang penting agar permainan sepak takraw ini berjalan dengan sempurna.

Tata cara bermain sepak takraw ini cukup mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, semua pemain akan dibagi menjadi dua tim dengan masing-masing tim berjumlah dua orang. Memang jumlah anggotanya sedikit untuk mengurangi resiko cidera selama permainan. Setelah itu, para pemain diharuskan untuk sudah mengerti tentang apa saja teknik yang digunakan dalam permainan sepak takraw ini. Karena hal tersebut merupakan aspek yang paling penting.