MENGENAL PERMAINAN SEPAK BOLA

MENGENAL PERMAINAN SEPAK BOLA

Permainan Sepak Bola

Pemahaman, Riwayat, Ketentuan dan Tehnik Landasan Sepak bola

Permainan Sepak bola menjadi salah satunya olahraga yang terkenal dan banyak pecintanya di Indonesia, jadi tidaklah aneh bila dapat dengan gampang kita temui tempat training sepak bola nyaris di tiap kota.

Disamping itu ada beberapa persaingan sepak bola yang di selenggarakan, baik itu pada tingkat kabupaten, kota atau nasional. Ini pasti membuat beberapa pemain untuk lebih giat latihan buat tingkatkan kekuatan mereka semasing.

Artikel kesempatan ini akan menerangkan mengenai sangkut-paut sepak bola, dimulai dari riwayat, tehnik sepak bola sampai ketentuannya.

Pemahaman Sepak Bola

Sama namanya, olahraga ini mempunyai dua elemen khusus sepak bola. Jadi, sepak bola dapat disimpulkan selaku olahraga yang dimainkan dengan menendang atau menyepak bola. Permainan ini sendiri harus dimainkan oleh dua team di atas lapangan yang luas.

Tiap team yang terdiri dari 11 orang harus masukkan bola ke gawang musuh. Team yang sukses cetak gol semakin banyak akan dipastikan selaku juara. Namun, permainan ini masih dikerjakan dengan mengikut beberapa ketentuan yang telah dipastikan.

Riwayat Sepak Bola Singkat

Tidak ada yang mengetahui tentu mengenai kapan persisnya sepak bola dibuat, tetapi beritanya permainan ini diawali di Tiongkok pada periode Dinasti Han. Waktu itu, beberapa orang Tiongkok membuat permainan dari bola kulit yang perlu disepak masuk di satu jala kecil.

Meskipun tidak seperti sepak bola jaman saat ini, permainan ini mulai tampil di beberapa negara, seperti Jepang, Roma, dan Yunani. Sepak bola kekinian lalu dikenali warga Inggris sampai terciptalah federasi olahraga itu di tahun 1863.

Sepak bola lagi berkembang hingga kemudian tampil gagasan

pembangunan federasi sepak bola dunia di tahun 1886. Baru pada tahun 1904, Fédération Internationale de Football Association (FIFA) tercipta di Paris, Perancis.

Hingga saat ini FIFA masih berperanan aktif dalam perubahan sepak bola di dunia. Kecuali terjebak dalam penentuan ketentuan, FIFA mengadakan beberapa laga, terhitung gelaran Piala Dunia yang diadakan empat tahun sekali.

Tehnik Landasan Sepak Bola

Seperti permainan yang lain, sepak bola harus juga dimainkan dengan beberapa tehnik spesifik. Tehnik landasan pemain utama berlainan dari penjaga gawang. Pemain utama minimal harus kuasai enam tehnik landasan, dimulai dari menyepak sampai merampas bola dari musuh.

  1. Tehnik Menyepak Bola
    Ini ialah tehnik paling landasan yang perlu dapat dikerjakan seluruh pemain bola. Ada tiga jenis sepakan yang dapat didalami:
    Menyepak dengan kaki sisi luar
    Menyepak dengan kaki sisi dalam
    Menyepak bola dengan punggung kaki
  2. Tehnik Membawa Bola
    Membawa bola atau dribbling jadi modal khusus seorang pemain sepak bola. Membawa bermakna mengatur pergerakan bola di lapangan ke arah gawang musuh. Waktu membawa, pemain lakukan sepakan menuju spesifik sekalian masih kuasai bola.

Terdapat dua jenis type membawa bola dalam permainan ini

Speed dribbling -> Pemain menyepak dengan cukup kuat hingga bola menggelinding jauh, selanjutnya lari secara cepat untuk memburunya. Kecuali kecepatan, factor yang lain harus jadi perhatian ialah pemain sedang tidak tertekan alias bebas dari himpitan team musuh.
Closed dribbling -> Penggiringan bola ini dikerjakan saat pemain tertekan atau dikerumuni oleh team musuh. Penggiringan harus dikerjakan dalam jarak pendek hingga faksi musuh kesusahan merampas bola.

  1. Menyundul Bola
    Tehnik sundul atau heading dikerjakan dengan memakai kepala atau dahi saat bola sedang melayang-layang. Arah dari tehnik ini ialah mengoper atau arahkan bola di titik spesifik yang diharapkan oleh sang pemain. Tehnik ini bisa juga dikerjakan untuk cetak gol.
  2. Hentikan Bola
    Tehnik hentikan bola atau stopping umumnya dikerjakan untuk memutus pergerakan bola. Sesudah bola stop, pemain dapat dengan bebas membawanya kembali menuju yang diharapkan. Tehnik hentikan bola ini dapat dikerjakan dengan cara-cara:

Memakai kaki sisi dalam
Memakai kaki sisi luar
Memakai punggung kaki
Memakai telapak kaki
Memakai paha kaki
Memakai perut
Memakai dada

  1. Mengoper Bola
    Mengoper disebutkan dengan passing, yakni memberi umpan bola ke rekanan satu teamnya. Mengoper manfaatkan tehnik landasan menyepak, dapat dengan memakai kaki sisi dalam, luar, atau punggungnya.
  2. Merampas Bola
    Tehnik ini memerlukan kecermatan beberapa pesepak bola. Seorang pemain bola harus dapat membaca pergerakan musuh sekalian memprediksi kapan saat yang pas untuk merampas bola. Minimal ada dua jenis tehnik yang dapat didalami.

a. Intercept
Ini ialah tehnik mengambil bola yang lagi dibawa oleh team musuh. Tehnik yang termudah ialah pemain langsung merampas bola yang lagi berguling saat rivalnya lakukan umpan jarak jauh (long pass).

b. Merebut bola (sliding tackle)
Ini ialah tehnik merampas bola dengan jatuhkan badan ke lapangan dan melaju dengan kaki ke arah bola yang lagi dibawa team musuh. Maksudnya supaya bola bisa tertendang dan keluar dari kontrol pemain musuh.

Namun, tehnik ini cukup riskan dan harus dikerjakan secara berhati-hati supaya tidak dipandang seperti pelanggaran. Pelanggaran dalam masalah ini dapat mencakup sapu bola dari belakang, menggunakan tehnik memotong, atau mengusung kaki waktu tackle.

  1. Tangkap Bola Dengan Tangan (*Khusus Penjaga gawang)
    Tehnik yang ini harus terkuasai oleh penjaga gawang atau kiper. Penjaga gawang yang disebut pertahanan paling akhir dari satu team bola harus sanggup membaca pergerakan bola dan musuh yang dekati gawang.

Penjaga gawang dituntut selalu harus cepat dan cekatan. Tehnik tangkap ini benar-benar memercayakan refleks supaya penjaga gawang langsung bisa mengarah ke arah bola waktu ditembakkan ke gawang.

Ketentuan Sepak Bola

Sepak bola mempunyai beberapa ketentuan yang perlu dipatuhi oleh seluruh orang yang terjebak didalamnya. Ketentuan ini meliputi ukuran lapangan, ketentuan main, sampai beberapa hal yang terkait dengan beberapa pemainnya.

  1. Ukuran Lapangan, Gawang dan Bola
    ukuran lapangan sepak bola
    diedieeshagaleryputra.blogspot.com
    Panjang : 100-110 mtr.
    Lebar : 64-75 mtr.
    Jari-jari lingkaran tengah : 9,15 mtr.
    Wilayah penalti : 40,39×16,5 mtr.
    Wilayah gawang : 18,35×5,5 mtr.
    Tinggi gawang : 2,44 mtr.
    Lebar gawang : 7,32 mtr.
    Diameter bola : 21-22,5 cm
    Keliling lingkaran bola : 68-71 cm
    Berat bola : 410-450 gr
  2. Pemain Bola
    Tiap team terbagi dalam 11 orang, yakni 1 penjaga gawang dan 10 pemain bola. Status pemain akan terbagi-bagi jadi striker, pemain tengah, dan bek. Pembagiannya sendiri dapat beralih-alih bergantung strategi tiap team.
  3. Ketentuan Main Bola
    Waktu -> Keseluruhan waktunya ialah 90 menit dan dimainkan bola dalam dua set. Tiap set berjalan sepanjang 45 menit, sedang waktu istirahat diberi seputar 15 menit. Bila score seri, diterapkan waktu perpanjangan 2×15 menit.
    Kick Off -> Kick off dikerjakan untuk mengawali laga pada tiap set atau sesudah berlangsungnya gol.
    Gol ->Gol dipastikan resmi saat bola masuk dan melalui garis gawang. Keputusan resmi atau tidaknya satu gol berada di tangan wasit.
    Offside -> Offside berlangsung saat pemain terima umpan bola, sedang tempatnya lebih dekat ke gawang musuh daripada oponennya.
    Bola Keluar (out) -> Bola dipastikan out jika keluar melalui garis lapangan. Jika berlangsung hal tersebut, pemain akan lakukan lemparan ke dalam atau throw in.
    Sepakan Pojok -> Sepakan ini dikerjakan saat bola keluar dan melalui garis gawang. Sama namanya, sepakan ini dikerjakan di sudut lapangan yang ada dekat sama gawang dan dikerjakan oleh faksi musuh.
    Sepakan Penalti -> Penalti berlangsung saat pemain yang lagi bertahan lakukan pelanggaran di daerah kiper. Sepakan ini dikerjakan oleh team bola musuh dan punyai kesempatan untuk cetak gol. Sepakan penalti dikerjakan jika permainan usai seri/seimbang.

Tiap permainan tentu mempunyai maksudnya sendiri, tidak kecuali dengan sepak bola. Olahraga ini bukan hanya masalah menyepak bola atau cetak gol, tapi juga ada banyak arah yang lain membuat permainan ini nampak lebih menarik.

Arah khusus sepak bola ialah seperti berikut
  1. Masukkan Bola ke Gawang Musuh
    Salah satunya arah khusus dalam permainan sepak bola ialah cetak gol. Sepuluh pemain inti dalam team harus usaha masukkan bola ke gawang musuh. Dalam masalah ini, beberapa pemain bisa memakai bermacam tehnik, dimulai dari menyepak sampai sundul bola.

Seluruh pemain mempunyai arah yang serupa, tapi pekerjaan cetak gol terbanyak ditanggung pada striker. Status pemain striker bola umumnya dekat sama gawang musuh. Saat terima bola dari partnernya, dia harus sanggup cetak gol secepat-cepatnya.

  1. Membuat Pertahanan dan Jaga Gawang
    Kecuali serang dan usaha masukkan bola, tiap team harus juga pintar membuat pertahanan. Maksudnya untuk jaga gawang supaya tidak bungkusukan bola oleh team musuh. Disini keutamaan pembagian team dan ada peranan pemain bertahan (defender).

Menjaga gawang ialah pekerjaan khusus bek (pemain belakang), terhitung penyapu (sweeper). Pekerjaan yang juga sama kadang-kadang dikerjakan oleh pemain bola bagian tengah, khususnya defensive midfielder yang tempatnya masih ada di seputar garis pertahanan.

Namun, jika team musuh telah sukses menjebol pertahanan dan bola makin dekat sama gawang, keinginan paling akhir berada di tangan penjaga gawang. Seorang penjaga gawang bekerja jaga gawang supaya tidak bungkusukan bola dari team musuh.

  1. Tingkatkan Kerja Sama Team
    Sepak bola bukan permainan individu, tetapi harus dikerjakan secara bersama dan menyertakan seluruh pemain dalam team. Bila beberapa pemain tidak mempunyai arah untuk bekerja bersama, team ditegaskan akan tidak berhasil cetak gol dan kalah dalam laga.
  2. Membuat Permainan yang Jujur dan Adil
    Arah lain dari sepak bola ialah bermain secara adil dan jujur. Pemain jangan menghalalkan semua langkah karena hanya pengin menang. Ini bukan hanya berlaku untuk beberapa pemain, tapi juga seluruh orang yang terjebak dalam permainan, terhitung wasit.
  3. Latih Sportivitas
    Sportivitas harus dibuat di antara ke dua team sepak bola, sama-sama menghargai dan jangan berbuat tidak etis keduanya. Jika kalah atau lakukan pelanggaran, pemain harus terima faktanya dan mengaku keunggulan team musuh.
  4. Cetak Prestasi dan Raih Gelar Juara
    Arah terbesar dari satu permainan sudah pasti mencetak kemenangan. Beberapa pemain tentunya memenginginkan jadi juara di beberapa pertandingan nasional atau internasional bola. Untuk sasaran paling tingginya, pemain pasti pengin jadi juara di gelaran Piala Dunia.
  5. Latih Fisik
    Kecuali masalah permainan, arah sepak bola untuk latih kemampuan fisik. Sepak bola tuntut beberapa pemain selalu untuk bergerak dan lari, ini dapat tingkatkan kesehatan sekalian mempertahankan kesehatan badan.

Itu ia ulasan berkenaan sangkut-paut permainan sepak bola. Jika Anda punya niat memperdalam olahraga yang ini, ingat-ingatlah arah dari sepak bola hingga laga dapat berjalan dengan lancar dan baik.